Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

 

ITIL

 

                Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL) adalah serangkaian kegiatan Manajemen Layanan TI (ITSM) yang berfokus pada penyelarasan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.  Dalam bentuknya saat ini (dikenal sebagai ITILv3 dan ITIL edisi 2011), ITIL diterbitkan dalam serangkaian lima publikasi utama, masing-masing mencakup fase siklus hidup ITSM. Dalam bentuknya saat ini (dikenal sebagai ITILv3 dan ITIL 2011 Edition), ITIL diterbitkan dalam serangkaian lima rilis utama, masing-masing mencakup fase siklus hidup ITSM. ITILv3 mendukung ISO/IEC  20000 (sebelumnya BS15000), standar manajemen layanan internasional untuk manajemen layanan TI, meskipun ada perbedaan antara kedua kerangka kerja tersebut. ITILv3 mendukung ISO/IEC 20000 (sebelumnya BS15000), standar manajemen layanan internasional untuk manajemen layanan TI, meskipun ada perbedaan antara kedua kerangka kerja tersebut. Oleh karena itu, ITIL adalah seperangkat praktik IT Service Management (ITSM) yang berfokus pada penyelarasan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.

 



Change Management

                Manajemen perubahan atau manajemen perubahan adalah suatu pendekatan untuk mengubah/mengubah individu, kelompok dan organisasi dari keadaan saat ini ke keadaan masa depan yang diinginkan. Ini adalah proses organisasi yang dimaksudkan untuk membantu agen perubahan  menerima dan menerima perubahan dalam lingkungan bisnis mereka. Dalam beberapa konteks manajemen proyek, manajemen perubahan mengacu pada proses manajemen proyek dimana perubahan proyek secara formal diperkenalkan dan disetujui. Kotter mendefinisikan manajemen perubahan sebagai penggunaan struktur  dan alat dasar untuk mengontrol  upaya perubahan organisasi. Tujuan dari manajemen perubahan adalah untuk memaksimalkan manfaat organisasi dan meminimalkan dampak perubahan pada karyawan dan menghindari gangguan. Dengan demikian, manajemen perubahan atau manajemen perubahan adalah pendekatan untuk memindahkan / mengubah individu, kelompok dan organisasi dari keadaan saat ini ke keadaan masa depan yang diinginkan.


COBIT

 

            Control Objectives for Information Technology and Related Technology, disingkat COBIT, adalah  panduan standar untuk praktik manajemen teknologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh Institute of IT Administration di bawah ISACA. COBIT  .1 adalah versi terbaru. Oleh karena itu, COBIT merupakan pedoman standar praktik manajemen teknologi informasi.

 

Benchmark

 

            Benchmarking adalah teknik pengujian yang menggunakan  nilai standar. Program atau tugas yang membandingkan kemampuan  berbagai  peralatan dengan tujuan  meningkatkan kualitas  produk  baru. Pengujian dilakukan dengan  membandingkan produk perangkat lunak dan perangkat keras dengan pengalaman yang sama. Oleh karena itu, Benchmark merupakan teknik pengujian yang menggunakan  nilai standar.

 

Framework

                Dalam pemrograman komputer, kerangka kerja perangkat lunak adalah bagian abstrak dari perangkat lunak di mana perangkat lunak  menyediakan fungsi umum yang dapat dimodifikasi secara selektif  oleh kode pengguna, sehingga menyediakan perangkat lunak khusus aplikasi. Kerangka kerja perangkat lunak adalah platform perangkat lunak universal dan dapat digunakan kembali yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, produk, dan solusi. Kerangka kerja perangkat lunak terdiri dari program pendukung, kompiler, pustaka kode, antarmuka pemrograman aplikasi (API), dan seperangkat alat yang menyatukan semua komponen yang berbeda untuk memungkinkan pengembangan proyek atau solusi. Dengan demikian, kerangka kerja atau pemrograman komputer adalah abstraksi di mana perangkat lunak menyediakan fungsi umum yang dapat dimodifikasi oleh kode pengguna, sehingga menyediakan perangkat lunak khusus aplikasi. Kerangka kerja berisi fitur  pembeda utama yang membedakannya dari pustaka normal:

 

1.      1.  Inversi kontrol - Dalam kerangka, seperti di perpustakaan atau aplikasi user biasa, keseluruhan program yang aliran kontrol tidak didikte oleh pemanggil, tetapi oleh kerangka kerja.

2.      2.  Perilaku default - Sebuah kerangka memiliki perilaku default. Ini perilaku default harus benar-benar ada beberapa perilaku yang berguna dan bukan serangkaian no-ops

3.     3.   Diperpanjang - Sebuah kerangka dapat diperpanjang oleh pengguna biasanya dengan utama selektif atau khusus oleh kode pengguna menyediakan fungsionalitas tertentu.

4.       4. Non-dimodifikasi kerangka Kode - Kode kerangka kerja, secara umum, tidak boleh dimodifikasi.

 

SLAs

 

                perjanjian tingkat layanan adalah bagian dari kontrak layanan di mana tingkat layanan didefinisikan secara formal. Dalam praktiknya, istilah SLA terkadang digunakan untuk merujuk pada waktu penyerahan (layanan) atau kinerja kontrak. Misalnya, ISP akan sering menyertakan Perjanjian Tingkat Layanan dalam  kontrak mereka dengan pelanggan untuk menentukan tingkat layanan yang akan dijual dalam bahasa sederhana. Dalam hal ini, SLA biasanya akan memiliki definisi teknis dari mean time between failures (MTBF), mean time to repair atau mean time to recovery (MTTR); berbagai data yang menarik; throughput, jitter, atau detail skalabel serupa. Dengan demikian, perjanjian tingkat layanan adalah bagian dari kontrak layanan di mana tingkat layanan didefinisikan secara formal.

Comments

Popular Posts