Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL
Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL)
adalah serangkaian kegiatan Manajemen Layanan TI (ITSM) yang berfokus pada
penyelarasan layanan TI dengan kebutuhan bisnis. Dalam bentuknya saat ini (dikenal sebagai
ITILv3 dan ITIL edisi 2011), ITIL diterbitkan dalam serangkaian lima publikasi
utama, masing-masing mencakup fase siklus hidup ITSM. Dalam bentuknya saat ini
(dikenal sebagai ITILv3 dan ITIL 2011 Edition), ITIL diterbitkan dalam
serangkaian lima rilis utama, masing-masing mencakup fase siklus hidup ITSM.
ITILv3 mendukung ISO/IEC 20000
(sebelumnya BS15000), standar manajemen layanan internasional untuk manajemen
layanan TI, meskipun ada perbedaan antara kedua kerangka kerja tersebut. ITILv3
mendukung ISO/IEC 20000 (sebelumnya BS15000), standar manajemen layanan
internasional untuk manajemen layanan TI, meskipun ada perbedaan antara kedua
kerangka kerja tersebut. Oleh karena itu, ITIL adalah seperangkat praktik IT
Service Management (ITSM) yang berfokus pada penyelarasan layanan TI dengan
kebutuhan bisnis.
Change Management
Manajemen
perubahan atau manajemen perubahan adalah suatu pendekatan untuk
mengubah/mengubah individu, kelompok dan organisasi dari keadaan saat ini ke
keadaan masa depan yang diinginkan. Ini adalah proses organisasi yang
dimaksudkan untuk membantu agen perubahan
menerima dan menerima perubahan dalam lingkungan bisnis mereka. Dalam
beberapa konteks manajemen proyek, manajemen perubahan mengacu pada proses
manajemen proyek dimana perubahan proyek secara formal diperkenalkan dan
disetujui. Kotter mendefinisikan manajemen perubahan sebagai penggunaan struktur dan alat dasar untuk mengontrol upaya perubahan organisasi. Tujuan dari
manajemen perubahan adalah untuk memaksimalkan manfaat organisasi dan
meminimalkan dampak perubahan pada karyawan dan menghindari gangguan. Dengan
demikian, manajemen perubahan atau manajemen perubahan adalah pendekatan untuk
memindahkan / mengubah individu, kelompok dan organisasi dari keadaan saat ini
ke keadaan masa depan yang diinginkan.
COBIT
Control
Objectives for Information Technology and Related Technology, disingkat COBIT,
adalah panduan standar untuk praktik
manajemen teknologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh Institute of IT
Administration di bawah ISACA. COBIT .1
adalah versi terbaru. Oleh karena itu, COBIT merupakan pedoman standar praktik
manajemen teknologi informasi.
Benchmark
Benchmarking
adalah teknik pengujian yang menggunakan
nilai standar. Program atau tugas yang membandingkan kemampuan berbagai
peralatan dengan tujuan
meningkatkan kualitas produk baru. Pengujian dilakukan dengan membandingkan produk perangkat lunak dan
perangkat keras dengan pengalaman yang sama. Oleh karena itu, Benchmark
merupakan teknik pengujian yang menggunakan
nilai standar.
Framework
Dalam
pemrograman komputer, kerangka kerja perangkat lunak adalah bagian abstrak dari
perangkat lunak di mana perangkat lunak
menyediakan fungsi umum yang dapat dimodifikasi secara selektif oleh kode pengguna, sehingga menyediakan
perangkat lunak khusus aplikasi. Kerangka kerja perangkat lunak adalah platform
perangkat lunak universal dan dapat digunakan kembali yang digunakan untuk
mengembangkan aplikasi, produk, dan solusi. Kerangka kerja perangkat lunak
terdiri dari program pendukung, kompiler, pustaka kode, antarmuka pemrograman
aplikasi (API), dan seperangkat alat yang menyatukan semua komponen yang
berbeda untuk memungkinkan pengembangan proyek atau solusi. Dengan demikian,
kerangka kerja atau pemrograman komputer adalah abstraksi di mana perangkat
lunak menyediakan fungsi umum yang dapat dimodifikasi oleh kode pengguna,
sehingga menyediakan perangkat lunak khusus aplikasi. Kerangka kerja berisi
fitur pembeda utama yang membedakannya
dari pustaka normal:
1. 1. Inversi kontrol - Dalam kerangka, seperti di
perpustakaan atau aplikasi user biasa, keseluruhan program yang aliran kontrol
tidak didikte oleh pemanggil, tetapi oleh kerangka kerja.
2. 2. Perilaku default - Sebuah kerangka memiliki
perilaku default. Ini perilaku default harus benar-benar ada beberapa perilaku
yang berguna dan bukan serangkaian no-ops
3. 3. Diperpanjang - Sebuah kerangka dapat
diperpanjang oleh pengguna biasanya dengan utama selektif atau khusus oleh kode
pengguna menyediakan fungsionalitas tertentu.
4. 4. Non-dimodifikasi kerangka Kode - Kode kerangka
kerja, secara umum, tidak boleh dimodifikasi.
SLAs
perjanjian
tingkat layanan adalah bagian dari kontrak layanan di mana tingkat layanan
didefinisikan secara formal. Dalam praktiknya, istilah SLA terkadang digunakan
untuk merujuk pada waktu penyerahan (layanan) atau kinerja kontrak. Misalnya,
ISP akan sering menyertakan Perjanjian Tingkat Layanan dalam kontrak mereka dengan pelanggan untuk
menentukan tingkat layanan yang akan dijual dalam bahasa sederhana. Dalam hal
ini, SLA biasanya akan memiliki definisi teknis dari mean time between failures
(MTBF), mean time to repair atau mean time to recovery (MTTR); berbagai data
yang menarik; throughput, jitter, atau detail skalabel serupa. Dengan demikian,
perjanjian tingkat layanan adalah bagian dari kontrak layanan di mana tingkat
layanan didefinisikan secara formal.
Comments
Post a Comment